Selamat datang di Blog Hadi, terima kasih atas kun

Lakukan Kebiasaan Ini Agar Panjang Umur

Label: ,
VIVAnews - Mengupas kepercayaan Cina, memang tidak lengkap jika tidak mengulik dari sisi feng shui. Sebenarnya, sejauh mana pengaruh feng shui pada kesehatan?

Menurut Jenie Kumala Dewi, konsultan feng shui, tidak sekadar meningkatkan hoki dan kemakmuran, terdapat koneksi antara feng shui dan kesehatan, meski tidak secara langsung.

“Dalam keadaan tersebut, I Ching sebagai salah satu pedoman masyarakat Cina Kuno dapat berperan membantu menyelaraskan kehidupan dengan kondisi alam. Polanya yang sederhana bisa langsung dipraktekkan dalam keseharian Anda,” ujar Jenie.
Lantas, bagaimana teknik mengatur I Ching dalam keseharian agar hidup lebih dinamis? Mengatur waktu. Penting untuk kesehatan, karena ibarat mesin, tubuh yang diforsir terus-menerus, lama kelamaan akan ‘soak’ juga. Karena itu, I Ching menyarankan keseimbangan kerja dan istirahat agar Anda awet muda dan sehat, yang dijabarkan:

Siklus I Ching sangat mendasar pada pergerakan matahari. Karena dianggap tenaga (chi) paling besar, yang mempengaruhi hidup manusia, Kesesuaian keberadaan matahari dengan aktivitas manusia, dimulai dari:

- 00.00 – 03.00 Posisi matahari di utara (N), disarankan pada kondisi ini Anda sedang beristirahat, karena kondisi energi berada di bawah.

- 03-00 – 06.00 Matahari yang berada di posisi timur laut (NE), mulai naik ke atas. Meski energi masih di bawah, sebaiknya di waktu-waktu ini Anda bangun pagi. Aktivitas disarankan adalah olah tubuh/raga sebagai ‘pemanasan’ sebelum beraktivitas.

- 06.00 – 09.00 Posisi matahari di timur (E). Pada saat ini matahari mengarah untuk naik. Diharapkan saat inilah Anda memulai beraktivitas atau bekerja.

- 09.00 – 12.00 Matahari yang berada di tenggara (SE), mengarah naik mendekati posisi puncak energi. Bila waktu ini Anda sudah beraktivitas, pekerjaan bisa akan lebih maksimal. Sebab, ibarat mesin, tubuh sedang ‘panas-panasnya’.

- 12.00-15.00 Pada saat posisi matahari di selatan (S), berarti sang surya sedang berada di puncak energi. Pada waktu inilah, Anda dalam kondisi maksimal.

- 15.00 – 18.00 Posisi matahari di barat daya (SW). Pada saat ini keberadaan matahari sudah mulai turun. Meski energi masih cukup tinggi, sebaiknya pada saat ini aktivitas manusia mulai dikurangi.

- 18.00 – 21.00 Posisi matahari berada di barat (W). Waktu ini kondisi energi matahari cenderung berkurang dan mengarah turun. Disarankan sebaiknya pada saat ini Anda mulai beristirahat.

- 21.00 – 24.00 Posisi matahari di barat laut (NW). Pada saat ini kondisi energi matahari sudah turun. Disarankan pada saat ini aktivitas manusia berada dalam kondisi beristirahat/ tidur, agar mendapatkan kekuatan keesokan harinya.


Sumber: http://vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
BLOG HADI © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates