Cara Cepat Searching Di Google

Label:
Apa yang ada di pikaran anda, jika saya menyebutkan kata google ???
Yupz.., pasti yang ada di pikiran anda adalah sebuah mesin pencari. Bagi anda yang belum mengenalnya, Google (www.google.co.id) adalah sebuah mesin pencari, dimana kita dapan mencari hal-hal yang kita tidak ketahui dengan memasukkan keyword yang berhubungan dengan hal yang ingin kita cari.
Suatu ketika teman saya bertanya, katanya dia kesulitan untuk mencari tugasnya di internet. Dan dia menanyakan bagai mana mencari di google dengan baik dan benar. Sebenarnya permasalahannya hanyalah keyword yang kita input.
Sebagai contoh, ketika saya bertanya kepada bagaimana mencari pengertian dari komputer?? Kira-kira keyword apa yang akan anda inputkan…??
Pengalaman dari survey yang saya lakukan dari teman-teman di kampus. Untuk mendapatkan pengertian komputer, mereka akan memasukkan keyword “pengertian komputer” di google. Kita coba lihat hasilnya jika kita memasukkan keyword seperti itu.



Lihat hasilnya, pencarian seperti ini menurut saya kurang efektif, karena informasi yang sebenarnya tidak kita inginkan tetap di tampilkan oleh google. Jika kita memasukkan keyword “pengertian komputer” seperti diatas, maka google akan menampilkan halaman web yang mengandung kata “pengertian” dan “komputer”.
Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa saja mengbah keyword nya menjadi “pengertian komputer”(menggunakan tanda kutip). Dengan menuliskan keyword tersebut, maka google akan menampilkan web yang hanya mengandung kata “pengertian koputer”. Saya rasa anda tidak asing lagi dengan cara ini.
Tapi, saya punya cara lain yang cukup efektif menurut saya…
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, dengan google kita kita bermaksud untuk mencari jawaban bukan mencari pertanyaan. Untuk itu ketika kita mempunyai pertanyaan “pengertian kopmuter”, biasanya kita akan menjawab dengan “komputer adalah…”
Nah, disinilah intinya. Untuk mendapatkan informasi secara cepat tentang pengertian komputer. Kita masukkna saja keyword “kopmuter adalah”(tanda kutip ditulis), maka google akan menampilkan web yang di dalam nya mengandung kata “komputer adalah..”



Tidak hanya sampai disitu, berikut ini ada beberapa operator-operator spesial google lainnya
[allinanchor:]
Fungsi : mencari kata kunci yang berupa link
Contoh :
• [ allinanchor: download opera mini ]
hasil utama pencarian yang akan ditampilkan berupa link-link yang mengandung kata download, opera, dan mini dalam suatu halaman web.
[allintext:]
Fungsi : mencari kata kunci pada bagian teks
Contoh :
• [ allintext: “kasus sman 2 bangkalan” ]
hasil yang ditampilkan akan terfokus pada teks yang mengandung frasa kasus sman 2 bangkalan.
[allintitle:]
Fungsi : mencari kata kunci pada bagian judul halaman web
Contoh :
• [ allintitle: “Antasari Azhar” ]
hasil yang akan ditampilkan adalah halaman-halaman web yang judul halamannya mengandung frasa Antasari Azhar.
[allinurl:]
Fungsi : mencari kata kunci pada URL atau alamat web
Contoh :
• [ allinurl: beswandjarum ]
hasil yang akan ditampilkan adalah halaman-halaman web yang alamat web atau URL-nya mengandung kata beswandjarum.
[cache:]
Fungsi : mencari halaman web dalam versi cache yang telah disimpan Google.
Contoh :
• [ cache:fuda7.wordpress.com/profil/ hobi ]
hasil yang akan ditampilkan adalah halaman versi cache Google pada blog fuda7.wordpress.com/profil dengan penebalan pada kata hobi di seluruh halaman tersebut
[define:]
Fungsi : mencari definisi berdasarkan Google’s Dictionary
Contoh :
• [ define: blog ]
hasil yang akan ditampilkan adalah pengertian blog berdasarkan Google’s Dictionary.
[filetype:]
Fungsi : menentukan/mendeskripsikan tipe file dari kata kunci
Contoh :
• [ inside google search filetype:pdf OR filetype:doc ]
hasil yang akan ditampilkan adalah file-file bertipe doc (document) atau pdf (acrobat reader) yang mengandung frasa inside google search.
[intext:]
Fungsi : mencari kata kunci pada bagian text. Fungsi operator intext: nyaris sama dengan operator allintext:. Yang berbeda adalah operator intext: tidak harus merupakan awal dari kata kunci, sedangkan penggunaan allintext: harus merupakan awal kata kunci dan tidak dapat dipakai bersamaan dengan operator pencarian lainnya.
Contoh :
• [ manfaat jamu intext:kunyit ]
hasil yang akan ditampilkan adalah halaman yang mengandung kata kunyit di bagian teksnya serta mengandung kata manfaat dan jamu baik berupa teks atau pun bukan teks.
[intitle:]
Fungsi : mencari kata kunci pada bagian judul halaman web. Fungsi operator intitle: nyaris sama dengan operator allintitle:. Yang berbeda adalah operator intitle: tidak harus merupakan awal dari kata kunci, sedangkan penggunaan allintitle: harus merupakan awal kata kunci dan tidak dapat dipakai bersamaan dengan operator pencarian lainnya.
Contoh :
• [ manfaat kunyit intitle:”khasiat jamu” ]
hasil yang akan ditampilkan adalah halaman yang pada judul halamannya mengandung frasa khasiat jamu serta mengandung kata manfaat dan kunyit baik berupa judul atau pun bukan judul.
[inurl:]
Fungsi : mencari kata kunci pada URL atau alamat web. Fungsi operator inurl: nyaris sama dengan operator allinurl:. Yang berbeda adalah operator inurl: tidak harus merupakan awal dari kata kunci, sedangkan penggunaan allinurl: harus merupakan awal kata kunci dan tidak dapat dipakai bersamaan dengan operator pencarian lainnya.
Contoh :
• [ inurl:”download now” lagu terbaru ]
hasil yang akan ditampilkan adalah halaman yang mengandung frasa download now berupa link serta mengandung kata lagu dan terbaru dimana pun dalam halaman.
[Link:]
Syntax ini akan menampilkan halaman-halam web yang mempunyai link ke situs tertentu.
[Site:]
Syntax ini digunakan untuk membatasi pencarian pada site atau domain tertentu.
Sekarang silakan anda bereksperimen sendiri untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda dengan menggunakan operator-operator tersebut…


Sumber: http://dorismanp06.student.ipb.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
BLOG HADI © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates