Selamat datang di Blog Hadi, terima kasih atas kun

Cara Memasang Kotak Cbox

Label:
Pada postingan kali ini saya akan menulis tutorial cara memasang kotak Cbox pada blogspot. Pastinya sudah banyak sekali blog2 yang menuliskan ini, tapi buat para newbi seperti ku ini, tidak ada salahnya kan memposting kembali sekalian membuat catatan pribadi buat ku. Sebelumnya saya telah memilih shoutmix untuk chat dan buku tamu ku, tapi karena ada sesuatu yang error (shoutmix tidak bisa memasukkan url/link lagi), maka dengan sangat berat hati shoutmix yang telah kupasang sebelumnya kuganti dengan Cbox. Buat teman2 yang sebelumnya sudah tinggalin komentar pada shoutmix ku, aku minta maaf yah.

Dari hasil googling kesana-kemari akhirnya aku ketahui penyebab kenapa kita ngga bisa memasukkan url web atau blog kita, yaitu karena IP address yang berasal dari indonesia udah di banned sama shoutmix, alasannya sih karena terlalu banyak yang makai gratisan dan akhirnya segala aktifitas shoutmix yang berasal dari IP address Indonesia bakalan di jamin tidak akan muncul tuh link nya.

Nah itulah alasan saya akhirmya memutuskan untuk mengganti Shoutmix dengan Cbox. Okay sekarang kita langsung aja yuk gimana cara membuatnya.

Pertama:
Kita ke web Cbox yang dimaksud di http://cbox.ws/.

Kedua:
Klik Get your own free Cbox now!. 
Selanjutnya sobat akan diminta mengisi form yang ada. Setelah sobat berhasil membuat account, dan login maka akan terlihat menu-menu seperti ini.





 Adapun fungsi-fungsinya sebagai berikut:

Menu Look & Feel









Layout Options >> Di sini sobat dapat mengatur lebar dan tinggi kotak shoutbox, jumlah  pesan yang akan ditampilkan max 20.
Style Gallery >> Di sini sobat akan melihat berbagai macam style dari kotak shoutbox. Pilih salah satu dulu, nanti bisa di edit lagi kok.
Edit Style >> Nah... di sinilah tempat sobat berkreasi, sobat bisa merubah warna background, warna text, ukuan huruf, dll
Edit css >> Tempatmu untuk mengedit css. Biarkan saja jangan diubah-ubah bila sobat tidak paham kode css.

Menu Option









Posting Options >> Tempat untuk mengatur panjang karakter yang boleh di posting. Max 200 karakter.
Date Options >> Tempat mengatur tanggal dan waktu
Smilies >> Di sini tempat smile-smile berada, bisa ditambahi juga lho.... kalo bosan dengan yang default. Atau sobat bisa ganti semuanya dengan emoticon baru semua. Untuk tutorialnya sobat bisa klik .
Filtering >> Untuk memfilter kata-kata yang tidak diinginkan (tapi menu ini untuk premium alias bayar dulu)

Dan menu yang terakhir adalah Menu User & Access dan Message. menu ini hanya untuk yang premium, buat kita yang pakai gratisan tidak bisa menggunakan nya.
Setelah selesai dan sudah puas dengan shoutboxmu, pilih Publish. Di sana sudah ada kode HTML yang bisa sobat langsung copy ke widget sobat. Sampai disini proses pembuatan Cbox selesai.

Selanjutnya untuk menempatkan kode HTML Cbox tadi pada blog sobat, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Seperti biasa log in dulu ke blogger sobat.
2. Pilih Rancangan
3. Tambah Gadget ----> Html/javascript
4. Paste kode HTML Cbox sobat yang sebelumnya sudah sobat dapat. Beri Judul gadget nya misalnya BUKU TAMU atau bila ingin dikosongkan isi dengan kode <!---->
5. Selanjutnya simpan template sobat.
6. Selesai.

Untuk membuat tampilan buku tamu terlihat melayang seperti punyaku, sobat dapat lihat caranya pada postingan saya berikut ini:



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: http://herzafen.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
BLOG HADI © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates